Persepsi Calon Pegawai Negeri Sipil Terhadap Pelanggaran Etika

Rodlial Ramdhan Tackbir Abubakar

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Calon Pegawai Negeri Sipil mengenai pelanggaran etika. Metode penelitian yaitu dengan survey, data yang diambil dari Calon Pegawai Negeri Sipil yang sedang melakukan Pelatihan Dasar setelah berakhirnya mata ajar etika publik. Variabel instrument survey adalah persepsi dan pelanggaran etika. Hasil penelitian menemukan bahwa secara keseluruhan Calon Pegawai Negeri Sipil yang menjadi responden dalam penelitian ini dapat mengenal, memahami, dan menyatakan tidak setuju dengan berbagai contoh pelanggaran etika yang seringkali terjadi di lingkungan instansinya. Dua faktor utama yang mungkin menyebabkan orang berperilaku tidak etis adalah standar etika orang tersebut berbeda dengan masyarakat pada umumnya, dan Orang tersebut secara sengaja bertindak tidak etis untuk keuntungan sendiri.

 

 

Kata Kunci : Persepsi, Etika, Pelanggaran Etika

 

Civil Servants Candidate’s perception on Ethical Violations

 

Abstract

 

This research aims to determine Civil Servants Candidate’s perception on ethical violations. This research applies a survey, data taken from Civil Servants Candidate which doing basic training in the end of subject public ethic. This research focuses on two elements namely perception and ethical violation. The  results of this research indicated that generally Civil Servants Candidate recognize, understand, and disagree with various examples of ethical violations that often occur in the office environment. The two main factors that may cause a person to behave unethically are that the person's ethical standards are different from the general public, and that person intentionally acts unethically for his own benefit

 

Keywords: Perception; Ethics; Ethical Violation


Keywords


Persepsi, Etika, Pelanggaran Etika

Full Text:

PDF

References


Ardhiansyah. 2017. Persepsi Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Oleh Aparatur Desa (Studi Kasus di Desa Tegalbinangun Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus). Skripsi. Lampung. Universitas Lampung.

Arens, Alvin & James. 2006. Auditing Edisi Indonesia, Jakarta: Salemba Empat

Arens dan James K. Loebbecke. 2000. Auditing Pendekatan Terpadu. Ed. Indonesia Amir Abadi Jusuf SE. Jilid 1. Penerbit Salemba IV, Jakarta.

Arifiyani dan, Sukirno. 2012. Pengaruh Pengendalian Intern, Kepatuhan dan

Kompensasi Manajemen Terhadap Perilaku Etis Karyawan. Jurnal Nominal.

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Berman.. 2003. Implementation if Ethics in Organization. Dalam Encyclopedia of Public Adminisitration and Public Policy. Diedit oleh Jack Rabin. New York, N.Y.: Marcel Dekker. p 461-464

Bertens. 2013. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta : Kanisius.

Cooper. 1998. The Responsible Administrator. 4 th Edition. San Fransisco C.A: JosseyBass Publisher.

Donahue. 2003. Ethics and Public Policy. Dalam Encyclopedia of Public Administration and Public Policy. Diedit oleh Jack Rabin. New York, N.Y.: Marcel Dekker. p 469-473.

Firda. 2013. Penerapan Etika PNS Dalam Pelaksanaan Tugas Aparatur Pelayanan Publik (Suatu Studi di Kantor Camat Wanea Kota Manado). https://media.neliti.com/media/publications/1341-ID-penerapan-etika-pns-dalam-pelaksanaan-tugas-aparatur-pelayanan-publik-suatu-stud.

Flippo. 1995, Manajemen Personalia, Diterjemahkan oleh M. Masud, Edisi Keenam, Erlangga, Jakarta.

Holihah. 2013. Etika Administrasi Publik. Jurnal Review Politik, Vol 3 (2)

Jeujanan. 2013. Peranan Etika dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial “Societas”, p 72

Maani. 2010. Etika Pelayanan Publik. Demokrasi, Vol IX (1), p 63

Nau, Suprojo, Setyawan. 2012. Peran Etika dalam Pelayanan Publik Sesuai Pembangunan Daerah. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol 1 (1), p 52-56

Pasolong, Harbani, 2007, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, 2006, Metode Penelitian Survei ( Editor ), LP3ES, Jakarta

Steinberg, L. 1999. Adolescence (6th edition). New York: McGraw Hill.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thoha. 1995. Birokrasi Indonesia Dalam Era Globalisasi. Pusdiklat Pegawai Depdikbud, Sawangan Bogor.

Thoha, 2003, Perilaku Organisasi, Edisi Pertama, Cetakan Keempatbelas, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Thompson, F.D. 2005. Restoring Responsibility: Ethics in Government, Business and Healthcare. Cambridge, UK:

Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum, Andi, Jakarta.

Walgito. 2010. Pengantar Psikolog Umum. Yogyakarta: C.V Andi Offset

Widodo. 2001. Good Governance: Telaah Dari Dimensi Akuntabilitas Dan Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah. Surabaya: Insan Cendekia

Widyastuti. 2011. Mendorong Akuntabilitas Birokrasi Pejabat Publik Melalui Ethics Leadership. Proceeding Simposium Nasional Otonomi Daerah. LAB-ANE FISIP Untirta. p 221




DOI: http://dx.doi.org/10.31113/jia.v15i2.149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Jurnal Ilmu Administrasi : Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Administrasi Indexed by:

    

 

@2017-2018

Jalan Cimandiri No. 34-38 Bandung

Laman: http://stialanbandung.ac.id/

Powered by OJS.