Pemilihan Direktur Politeknik STIA LAN Bandung Periode 2022-2026

 
Senin, 26 September 2022 - 07:12:13 WIB

 
 

Pemilihan Direktur Politeknik STIA LAN Bandung Periode 2022-2026

Seiring dengan perkembangan kondisi eksternal perguruan tinggi yang bergerak dengan begitu cepat dan dinamis, maka Politeknik STIA LAN Bandung juga mencoba untuk beradaptasi dengan perubahan dan dinamika tersebut. Secara normatif dan kelembagaan, proses tersebut diawali dengan perubahan Statuta Politeknik STIA LAN Bandung yang dituangkan ke dalam Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 3 Tahun 2022. Dalam Statuta tersebut, mekanisme pemilihan Direktur Politeknik diubah dengan sistem pemilihan di tingkat Senat. Perubahan tersebut sekaligus menjadi tanda bahwa prinsip demokrasi, akuntabilitas, dan objektifitas telah ditanamkan dan direalisasikan ke dalam penyelenggaraan Politeknik STIA LAN Bandung yang merupakan salah satu unit kerja di bawah Lembaga Administrasi Negara.

Proses pemilihan Direktur dilakukan dalam 4 (empat) tahapan, sebagaimana diatur dalam Statuta Politeknik STIA LAN Bandung, yaitu: (a) tahap penjaringan bakal calon; (b) tahap penyaringan calon; (c) tahap pemilihan calon; dan (d) pengangkatan calon oleh Kepala Lembaga Administrasi Negara. Hingga saat ini, Senat Politeknik STIA LAN Bandung dengan dibantu oleh Tim Panitia Pemilihan telah melaksanakan 2 (dua) tahapan pertama. Kedua tahapan tersebut diawali dengan Rapat Senat untuk menyusun Pedoman Proses Pemilihan Calon Direktur yang dituangkan ke dalam Peraturan Senat Politeknik STIA LAN Bandung. Proses selanjutnya adalah tahapan penjaringan yang berhasil menjaring 5 (lima) nama Bakal Calon Direktur dengan nomor urut sebagai berikut: (1) Dr. Muh. Nur Afandi, MT; (2) Septiana Dwi Putrianti, Ph.D.; (3) Dr. Hendrikus T. Gedeona, M.Si.; (4) Dr. Abdul Rahman, M.Si.; dan (5) Dr. Joni Dawud, DEA.

Kelima Calon tersebut selanjutnya mengikuti tahapan penyaringan yang merupakan proses uji publik calon atau fit and proper test yang dilakukan secara terbuka di hadapan Rapat Terbuka Senat Politeknik STIA LAN Bandung, para narasumber yang diundang, para undangan, alumni, dan seluruh sivitas akademika Politeknik STIA LAN Bandung. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 26 September 2022 yang diawali oleh kata sambutan dari Ibu Dra. Reni Suzana, MPPM. selaku Sekretaris Utama LAN. Beliau menyatakan bahwa proses pemilihan Direktur Politeknik merupakan upaya untuk mempraktikan iklim demokrasi di Politeknik STIA LAN Bandung. Pemilihan ini akan menentukan bagaimana Politeknik STIA LAN Bandung akan berkembang ke depannya melalui gambaran visi dan misi para calon. Beliau juga menyampaikan beberapa pesan dari Kepala LAN bahwa Senat harus dapat menjaga iklim pemilihan yang kondusif dan objektif serta sesuai dengan hati nurani masing-masing. Selain itu, Beliau juga berpesan agar setiap calon dapat dipercaya dengan baik untuk menjalankan visi dan misinya apabila terpilih sebagai Direktur Politeknik. Para calon yang tidak terpilih hendaknya dapat bersikap legowo dan tetap mendukung calon yang berhasil dalam mengembangkan Politeknik bersama-sama. Selanjutnya Rapat Terbuka Senat dibuka oleh Ketua Senat Politeknik STIA LAN Bandung, Prof. Dr. Deddy Mulyadi, M.Si. Ketua Senat menyampaikan bahwa kegiatan ini telah dilakukan dengan prinsip objektifitas dengan dukungan dari berbagai pihak. Untuk mendukung kegiatan tersebut Senat juga telah mengundang narasumber yang sama sekali tidak mengenal satu sama lain dengan tujuan agar Senat bisa melakukan proses pemilihan dengan sebaik mungkin dan tanpa beban.

Dalam kegiatan tersebut setiap calon mempresentasikan visi, misi, dan program kerjanya masing-masing apabila terpilih sebagai Direktur Politeknik STIA LAN Bandung. Proses tanya jawab publik dilakukan oleh 2 (dua) orang narasumber yang sangat kompeten yaitu: Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. dan Prof. Dr. Ir. Moch. Sasmito Djati, MS. Narasumber pertama memiliki pengalaman yang panjang sebagai akademisi di Universitas Negeri Malang dan pernah menjabat sebagai Wakil Kepala BPIP. Sedangkan narasumber kedua merupakan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Internasionalisasi Universitas Brawijaya. Sesi tanya jawab juga melibatkan unsur mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan kepada setiap calon. Kegiatan ini kemudian ditutup oleh Ketua Senat Politeknik STIA LAN Bandung dan akan dilanjutkan ke tahap penilaian oleh Rapat Tertutup Senat pada tanggal 3 Oktober 2022 untuk memilih maksimal 3 (tiga) calon Direktur Politeknik STIA LAN Bandung.

 

 
 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Tweets


 

Pengumuman



Pengumuman


Jadwal UTS Semester Ganjil 2020/2021
Rabu, 14 Oktober 2020 - 06:05:38 WIB
Kalender Akademik T.A. 2020/2021
Senin, 12 Oktober 2020 - 08:43:38 WIB