Search
Close this search box.

Mendorong Penelitian Kompetitif di Politeknik STIA LAN Bandung

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik STIA LAN Bandung adalah unsur pelaksana akedemik yang melaksanakan sebagian tugas dan fungsi Poltek STIA LAN Bandung di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. P3M memiliki tanggungjawab yang cukup besar untuk pencapaian sejumlah sasaran terutama bidang penelitian dan pengabdian. Termasuk didalamnya peningkatan kualitas SDM, proposal dan laporan yang dihasilkan, publikasi dan sarana prasarana pendukung penelitian dan pegabdian kepada masyarakat. Guna meningkatkan kualitas proposal penelitian yang mampu berkompetisi dengan usulan proposal dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia maka P3M menyelenggarakan kegiatan “Workshop Penyusunan Proposal Pengabdian Kompetitif” pada hari Jumat, 23 Februari 2024 yang diikuti oleh para dosen dan JFT lainnya.
Acara dibuka oleh Direktur Poltek STIA LAN Bandung Dr. Muhamad Nur Afandi, S.Pd., M.T. dimana dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan workshop yang menghadirkan Dr. Juhartono, M.Eng. dari Direktorat Pendanaan Riset & Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagi civitas akademika. Pengetahuan skema-skema riset yang ditawarkan oleh BRIN menjadi sangat penting sehingga diharapkan para civitas akademika dapat mengambil peluang untuk mengakses dana hibah penelitian yang bersifat kompetitif dan berbagai pengalaman riset yang bisa menjadi bekal peningkatan kompetensi secara lebih menyeluruh. Disampaikan bahwa meskipun dana penelitian internal sifatnya sangat terbatas, namun dengan membuka peluang kolaborasi bersama pihak lain, kita bisa mencari alternatif sumber pendanaa riset yang lebih beragam.

Dorongan dan kesempatan untuk dapat berkompetisi mengakses dana penelitian dari lembaga lain semakin menguat dalam rangka meningkatkan kualitas serta eksistensi sebuah perguruan tinggi. Meskipun hingga saat ini kita belum bisa mengakses dana riset dari Kemendikbud Ristek, namun peluang untuk mendapat pendanaan riset dan skema-skema yang ditawatkan BRIN menjadi angin segar bagi para civitas akademika.
Pemberian informasi yang komprehensif dan tatac ara mengajukan usulan untuk pendanaan penelitian, format riset, diharapkan dapat membuat para dosen bersemangat untuk berkolaborasi baik di lingkungan internal maupun dengan pihak eksternal. Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi peluang untuk mendapatkan skema-skema riset yang lebih variatif dan kompetitif.

Dr. Juhartono, M.Eng. dalam paparannya menyampaikan materi berkenaan dengan Pengenalan Berbagai Skema Pendanaan Riset dan Inovasi di BRIN yang bersifat Kompetitif dan Teknik Penyusunan Proposal Kompetitif yang dimoderatori oleh Dr. Nita Nurliawati, S.Sos., M.Si., beliau adalah Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Poltek STIA LAN Bandung.
Dalam paparannya Juhartono menyampaikan bahwa skema yang paling cocok di Potek STIA LAN Bandung adalah RIIM Kompetisi (Riset dan Inovasi untuk Indonesia Maju). Kompetisi yang memiliki target total 2000 proposal. Perguruan tinggi dan berbagai lembaga riset swasta maupun masyarakat institusi diharapakan dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan riset untuk kemajuan bangsa Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *